Luar Biasa Ternyata Banyak Manfaat Klorofil untuk Tubuh Kita

Banyak sekali Manfaat klorofil untuk kesehatan, termasuk untuk mencegah anemia, menguatkan darah dalam pembentukan organ dan tercukupnya oksigen didalam tubuh. Manfaat lain dari klorofil adalah penyembuhan luka normal, pembekuan darah, keseimbangan hormon, penghilang bau, dan dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Klorofil juga memiliki anti penuaan, dan anti mikroba.

Lalu apasih klorofil itu..????

Klorofil yaitu zat hujau daun yang ada pada tanaman penyerap cahaya dari matahari. Klorofil juga memiliki kemampuan untuk mengubah menjadi energi cahaya menjadi makanan yang berguna untuk tumbuhan. Hal ini terjadi pada pada tumbuhan hijau yang menyiapkan makanannya secara sendiri. Tanaman tersebut dihasilkan karena melakukan fotosintesis. Fakta tentang klorofil adalah struktur molekul yang mirip dengan hemoglobin adalah struktur yang terpenting dalam darah manusia:

Klorofil Nutrisi

Klorofil adalah makanan lengkap dan banyak nutrisi yang kuat, dan memiliki sumber vitamin A, B, K dan beta karoten. Klorofil kaya dengan antioksidan, serta mineral penting seperti magnesium, zat besi, kalium,kalsuim dan asam lemak esensial.

Sumber dari klorofil

Banyak sekali sumber makanan yang mengandung klorofil ini. Contohnya sayuran yang mengandung klorofil seperti:


  1. Daun bawang
  2. Kacang hijau
  3. peterseli
  4. Kangkung
  5. Selada
  6. Swiss chard
  7. Daun singkong
  8. Dan bayam
Semua itu mengandung banyak sekali klorofil yang berguna bagi tubuh kita. Untuk makanan yang terlalu matang cenderung dapat merusak klorofil itu sendiri dan kadar magnesium. Untuk menndapatkan manfaat maksimal dari klorofil sendiri kita harus memakan sayuran tersebut dengan cara dikukus atau pun sebagai lalapan.

Lalu apa saja manfaat klorofil itu sendiri...??

1. Mengandung zat antioksidan yang tinggi
Akhir-akhir ini zat antioksidan sangat penting bagi manusia karena dengan adanya zat ini maka akan menghindarkan seseorang dari resiko penyakit yang sangat berbahaya bagi tubuh akibat adanya zat-zat kimia berbahaya, polusi, gaya hidup yang tidak sehat serta hal-hal lainnya yang semuanya itu dapat memicu terjadinya penyakit seperti kanker, penuaan dini dan lain-lain, selain itu zat antioksidan bermanfaat untuk membantu menghilangkan zat karsinogen serta zat beracun lainnya yang berbahaya bagi kesehatan tubuh kita.

2. Membantu dalam mengatasi infeksi
Selain kaya antioksidan klorofil juga mengandung zat yang memiliki sifat sebagai antiseptik yang sangat efektif dalam membunuh bakteri berbahaya di dalam tubuh serta sangat baik dalam hal pembekuan darah dan juga penyembuhan luka sehingga klorofil bermanfaat dalam mencegah terjadinya penyebaran infeksi di dalam tubuh.

3. Meningkatkan produksi sel darah merah
Tubuh sangat membutuhkan zat besi untuk membantu dalam proses produksi sel darah merah dan di dalam klorofil terkandung magnesium yang berkaitan erat dengan produksi sel darah merah karena saat magnesium masuk dalam tubuh maka akan berubah menjadi zat besi yang tentunya dibutuhkan tubuh serta bermanfaat untuk menyehatkan jaringan tubuh serta darah dan yang sangat penting klorofil mampu meningkatkan produksi sel darah merah di dalam tubuh.

4. Mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal
Di dalam klorofil terkandung vitamin K yang juga penting untuk tubuh kita karena dengan adanya vitamin K tersebut dapat membantu pembentukan senyawa penting di dalam urin yang bermanfaat untuk mengurangi pembentukan kristal kalsium oksalat atau biasa disebut juga dengan batu ginjal.

Sebenarnya masih banyak yang bermanfaat untuk tubuh kita salah satunya yaitu klorofil. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda...

Jangan lupa disahre ya,,,???



Previous
Next Post »
Thanks for your comment