Ihh Ngeri Berikut Gejala Serangan Penyakit Jantung Pada Anak dan Berbagai Macam Serangan Jantung

pixabay.com
Hampir setiap hari adan 6 bayi Australia yang dilahirkan dengan penyakit mematikan ini sehingga bisa dipastikan jika kurang lebih ada 2000 anak yang mengalami penyakit ini dalam satu tahun. Sayangnya, penyakit ini belum ditemukan bagaimana caranya agar bisa dijauhkan dari anak-anak dan pengobatan yang dilakukan pun tidak 100% menyembuhkan. Kurang lebih sebanyak 20% penyakit ini akan diturunkan oleh para orang tua yang positif menderita cacat jantung. Simak dengan baik serba serbi mengenai penyakit ini di bawah ini.

Ciri-ciri serangan penyakit jantung pada anak

Penyakit jantung bawaan pada anak sangat banyak sekali jenisnya. Anak yang memiliki penyakit ini akan mudah merasa lelah disaat sedang beraktivitas, sayangnya ciri ini seringkali dinilai normal oleh para orang tua sehingga mereka tidak menganggapnya sebagai suatu hal khusus yang patut untuk diwaspadai.

Anak yang menderita penyakit ini, umumnya menampakkan beberapa ciri, diantaranya adalah terdapat biru di mulut, berat badan yang tidak bisa naik dengan normal bahkan kekurangan gizi, sesan napas, biru di ujung jari kaki dan jari tangan, seringkali mengalami infeksi pada saluran napas bawah dan masih banyak lagi.

Ciri-ciri yang muncul pada bayi

Ciri-ciri yang akan muncul disaat seorang bayi mengalami penyakit jantung bawaan pada bayi diantaranya adalah tidak nafsu untuk makan dan seringkali memuntahkan makannya. Bayi yang mengalami dua hal tersebut, tentunya membuat Anda merasa khawatir dan bertanya-tanya mengenai apa gangguan kesehatan yang sedang terjadi dan ditunjukkan oleh bayi Anda. Ciri-ciri ini sangat memungkinkan jika ada gangguan kesehatan pada jantung bayi, untuk lebih akuratnya, disarankan untuk segera melakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter anak.


Jenis-jenis penyakit jantung pada anak
  • Jenis penyakit jantung bawaan khususnya yang dialami oleh anak-anak, sangatlah beragam, setidaknya ada 5 jenis dari penyakit ini yang bisa diderita oleh anak, diantaranya.

  1. –VSD merupakan kelainan pada jantung yang berupa lubang di sekat antarbilik jantung yang mana akan menyebabkan terjadinya kebocoran aliran darah tepatnya pada bilik kanan serta bilik kiri jantung.
  2. Persisten Duktus Arteriosus (PDA). Duktus arteriosus merupakan pembuluh darah yang akan menghubungkan arteria pulmonalis tepatnya dengan bagian aorta distal yang berasal dari arteria subklavia yang mana akan mengalami perubahan sesaat bayi lahir.
  3. PS merupakan penyempitan katup baru yang mana berfungsi untuk mengatur aliran darah yang rendah akan kadar oksigen dari bilik kanan jantung menuju ke paru-paru.
  4. ASD merupakan terdapatnya lubang tepatnya di antara 2 serambi jantung maupun terdapat hubungan di antara atrium kanan dan atrium kiri yang tidak mampu ditutu oleh katup.
  5. TOF merupakan komplikasi kelainan pada jantung bawaan yang sangat khas dan akan melibatkan empat kondisi, yakni sekat bilik jantung berlubang (VSD), terjadinya penyempitan katup paru (PS) dan bilik kanan jantung yang membesar (hipertrofi) serta akar aorta tepatnya terletak di atas lubang VSD.
cara untuk meminimalisirnya:
  • Mengenali faktor resiko penyebab terjadinya serangan jantung
Ada baiknya sejak muda kita sudah mengetahui apa saja faktor resiko terjadinya serangan jantung seperti kebiasaan merokok, tekanan darah tinggi, kolesterol, diabetes, adanya sejarah medis dalam keluarga dan stres, semuanya itu sangat beresiko memicu terjadinya serangan jantung pada seseorang karena itu kita perlu waspada dan sebisa mungkin kita menghindari faktor-faktor resiko tersebut agar kita bisa terbebas dari serangan jantung. 
  • Mulai melakukan perubahan pola hidup sehat
Dengan mulai merubah pola hidup kita yang tidak sehat maka akan sangat bermanfaat untuk menjauhkan kita dari penyakit jantung, apalagi jika kita sudah menyadari banyak faktor resiko penyakit jantung yang mungkin terjadi pada tubuh kita maka seharusnya kita bertindak cepat dengan mengubah pola hidup kita yang tidak sehat tersebut dengan melakukan pola hidup sehat seperti rutin berolahraga, berhenti merokok, memperbaiki pola makan , hindari makan makanan yang tidak sehat, memperbanyak mengkonsumsi sayuran hijau dan buah-buahan dan tentunya menghindari stres maka kita akan dijauhkan dari penyakit jantung.

  • Jika mengalami gejala penyakit jantung maka jangan pernah mengabaikannya
Gejala penyakit jantung yang umum terjadi adalah rasa sakit di sekitar dada dan nafas yang mulai semakin pendek sehingga misal kita berjalan menaiki tangga kadang kita akan seperti sesak nafas dan tersengal-sengal dan mudah lelah, jika kita sering mengalami hal ini maka jangan pernah mengabaikannya segeralah pergi ke dokter untuk pemeriksaan kesehatan jantung kita agar kita dapat segera mengambil tindakan pencegahan.

  • Lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin
Saat kita memiliki sejarah medis keluarga yang mengalami penyakit jantung maka sebaiknya kita harus lebih waspada karena kemungkinan besar kitapun bisa beresiko terkena penyakit jantung karenanya kita harus melakukan pencegahan dengan melakukan pola hidup sehat dan juga rutin memeriksakan kesehatan tubuh kita ke klinik kesehatan terdekat atau rumah sakit untuk mengetahui kesehatan jantung kita dan sebaiknya jangan menunggu sampai gejala penyakit jantung datang baru memeriksakannya karena bisa saja kita terlambat untuk mengatasinya.

Gejala penyakit jantung bawaan biasanya akan ditemukan disaat seseorang masih berusia kanak-kanak, namun tidak semua kelainan jantung bawaaan dapat menimbulkan gejala disaat baru lahir, dalam beberapa kasus penyakit ini, beberapa orang akan menunjukkan gejala disaat sudah dewasa.

Jangan lupa dishare ya .....!!!
Previous
Next Post »
Thanks for your comment