Ihh Ngeri Bakteri Dalam Spon Cuci Piring Yang Tidak Pernah Kita Sadari

Mencuci piring adalah kegiatan yang hampir kita lakukan setiap harinya, tidak siang tidak malam pasti kalian pernah mencuci piring. Bagaimana tidak kita sendiri memasak makanan hampir setiap harinya. Paling sedikitnya kita makan dalam sehari 3x dan peralatan makan tersebut harus kita cuci setiap harinya. Bicara tentang cuci piring pasti kita menggunakan Spon untuk membersihkan peralatan kita sehabis makan. Sayangnya spon yang terkena kotoran dari peralatan masak dan peralatan makan ini tentu menimbulkan banyak sekali sumber bakteri dan kuman. 

 Spon cuci piring tersebut akan lembab dan banyak sekali sisa makan yang menempel di spon tersebut. Walaupun spon tersebut kita bilas dengan air, namun hal itu belum cukup untuk mengatasi bakteri dan kuman yang ada pada spon tersebut karena kuman dan bakteri tersebut masuk kedalam spon dan kita susah untuk membersihkannya. Jika piring dan peralatan masak kita dibersihkan dengan spon tersebut mungkin saja piring dan peralatan kita akan tercemar bakteri dan kuman dan hal tersebut bisa saja mengganggu kesehatan kita.

Baca Juga: Woow Inilah Manfaat Makanan Pedas Untuk Tubuh

Beberapa ahli menganjur kan kita untuk membersihkan spon tersebut dengan cara memasukkan ke microwave selama satu sampai dua menit dengan suhu yang tinggi agar bakteri dan kuman tersebut mati karena bakteri dan kuman tidak tahan dengan suhu yang tinggi. Selain itu spon bisa kita rendam dengan cairan pemutih hingga beberapa menit dan kemudian kita angkat dan keringkan. Jika perlu spon itu bisa kita bersihkan secara teratur supaya terhindar dari bakteri dan kuman.

Jika spon sudah berumur dua sampai tiga minggu sebaiknya kita ganti dengan spon yang baru. Selain untuk mencegah penyakit spon yang baru lebih kuat dan tidak berbau. bahkan spon yang lama cenderung lengket karena banyak terkena minyak.


spon
Ada beberapa tips Untuk anda:

  • Ganti spon cuci piring maksimal dua bulan sekali
  • Bersihkan tempat cuci piring setiap kali mencuci supaya mencegah bakteri berkembang biak
  • Spon bekas mencuci sebaiknya dibersihkan dengan air dan peras sampai sedikit air di dalam spon.
  • Jika ada air panas sesering mungkin rendamlah spon satu sampai dua menit 
Itu sedikit trik dari mimin. Walaupun spon yang kita pakai terlihat bersih tidak menutup kemungkinan Spon tersebut mungkin saja banyak terdapat banyak sekali bakteri dan kuman yang hinggap di spon tersebut...
Semoga artikel ini bermanfaat !!! Jangan lupa di share ya....
Previous
Next Post »
Thanks for your comment