Manfaat mengkonsumsi makanan pedas

Makanan pedas memang sangat membangkitkan nafsu makan bagi mereka yang suka pedas sehingga makanan tersebut menjadi lebih enak saat disantap, tapi sebaliknya bagi mereka yang tidak suka pedas mungkin sangat menderita jika harus menyantap makanan yang sangat pedas.

Memang ada resiko yang bisa terjadi saat seseorang mengkonsumsi makanan yang sangat pedas seperti timbulnya rasa terbakar di sekitar mulut dan lidah, perut terasa panas bahkan jika berlebihan bisa mengakibatkan terjadinya diare karena alasan itulah ada sebagian orang yang tidak menyukai makanan pedas.

Menurut penelitian ternyata makanan pedas ada juga manfaatnya lho bagi kesehatan, seperti kita tahu biasanya makanan pedas mengandung cabai yang di dalamnya terkandung zat yang disebut dengan capsaicin yang terbukti memberikan banyak manfaat bagi tubuh kita seperti dilansir oleh Medical Daily.

Manfaat mengkonsumsi makanan pedasBeberapa manfaat dari mengkonsumsi makanan pedas diantaranya:
1. Baik untuk jantung
Penelitian yang dilakukan lewat American Chemical Society membuktikan bahwa setiap masakan yang diberikan sedikit cabai bermanfaat untuk melindungi kesehatan jantung seseorang karena kandungan zat capsaicin di dalam cabai dapat menurunkan tingkat kolesterol jahat sedangkan kolesterol baik tidak berpengaruh sehingga bermanfaat untuk melindungi seseorang dari gangguan penyakit jantung.

2. Mengandung vitamin C
Kandungan vitamin C di dalam cabai tentunya sangat baik bagi kesehatan tubuh kita seperti untuk mencegah terjadinya berbagai macam penyakit ringan seperti flu dan juga pilek.

3. Mencegah terjadinya penyakit kanker
Lewat sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Cancer Society membuktikan bahwa antioksidan di dalam capsaicin bermanfaat untuk melawan karsinogen di dalam tubuh yang menjadi penyebab utama terjadinya penyakit kanker sehingga makanan pedas sangat baik juga untuk mencegah kanker.

4. Meredakan rasa sakit
Berdasarkan penelitan lain yang dilakukan ACS orang yang suka mengkonsumsi makanan pedas ternyata dapat meredakan rasa sakit akibat dari operasi dan kemoterapi yang dilakukan serta mengurangi rasa sakit akibat dari terapi radiasi, selain itu kandungan capsaicin dari cabai juga dapat membantu meredakan rasa nyeri yang disebabkan karena arthritis.

5. Menurunkan berat badan
Berdasarkan penelitian juga yang dilakukan oleh Biophysical Society's Annual Meeting membuktikan bahwa kandungan capsaicin dalam cabai bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan ini disebabkan oleh karena capsaicin dalam cabai membuat tubuh menjadi panas sehingga sangat baik untuk mempercepat pembakaran lemak dalam tubuh selain itu dengan mengkonsumsi makanan pedas dapat menjaga tubuh dari bertambahnya berat badan.

Itulah beberapa manfaat capsaicin dalam cabai yang sangat baik untuk kesehatan karena itu makan makanan pedas akan memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh namun sebaiknya mengkonsumsi cabai yang sewajarnya saja karena jika terlalu pedas dan berlebihan tentunya akan mengganggu pencernaan anda.
Semoga bermanfaat.

Simak juga artikel lainnya: Bakteri dalam spons cuci piring yang tidak pernah kita sadari

Sumber: Merdeka.com

Previous
Next Post »
Thanks for your comment