Gejala kanker lidah

Gejala kanker lidah - Kanker merupakan penyakit yang sangat mengerikan karena dapat menyebabkan kematian yang cukup tinggi di dunia termasuk di Indonesia.

Ada beberapa jenis kanker yang dapat menyerang bagian tubuh manusia seperti kanker otak, kanker hati, kanker kulit dan masih banyak jenis kanker lainnya, namun kali ini kita akan membahas mengenai gejala kanker lidah.

Kanker lidah kurang begitu diketahui banyak orang karena memang kanker lidah ini masih jarang terjadi, tapi tidak ada salahnya kita mengenal gejala dari kanker lidah ini.

Gejala awal dari kanker lidah ini pada umumnya menyerupai sariawan di lidah dengan bercak putih atau merah pada bagian lidah dan terasa sakit jika tersentuh sesuatu seperti saat makan, biasanya sariawan akan sembuh dalam beberapa hari namun kanker lidah akan mengalami sakit yang tidak kunjung sembuh.

Gejala kanker lidah

Gejala seperti ini akan berlangsung lama dan semakin hari bercak-bercak seperti sariawan ini akan semakin membesar sehingga lidah akan menjadi lunak dan berdarah dan tentunya disertai dengan rasa sakit apalagi saat makan, minum, mengunyah dan menelan makanan, biasanya rasa sakit akan terasa di tenggorokan pada saat menelan makanan.

Yang paling buruk yang bisa terjadi adalah adanya gejala lidah menjadi mati rasa dan membuat lidah menjadi sulit digerakkan, suara juga akan ikut mengalami perubahan, dan mulut juga akan terganggu menjadi sulit untuk membuka dan menutup.

Gejala lainnya adalah terjadinya rasa sakit pada bagian telinga dan adanya benjolan pada tenggorokan bagian belakang.

Karena itu kita perlu waspada jika gejala awal mulai terdeteksi segera lakukan perawatan dan pengobatan yang tepat.

Beberapa pemicu terjadinya kanker lidah ini adalah kemungkinan disebabkan oleh beberapa faktor seperti:
  • Zat radioaktif
  • Paparan sinar ultraviolet
  • Lemahnya sistem imun
  • Genetik
  • Psikis
Proses pengobatan:
Untuk proses pengobatannya biasanya akan dilakukan radioterapi dan juga kemoterapi, ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penyebarluasan sel kanker pada lidah.

Namun pada penderita kanker lidah stadium akut biasanya akan dilakukan operasi namun tetap akan disertai juga dengan radioterapi.

Setelah pasien telah menjalankan operasi sebaiknya tidur dengan posisi terlentang dan juga menggunakan bantal, dan hari berikutnya disarankan si pasien untuk posisi setengah duduk terlentang ini dimaksudkan untuk mengurangi ederma dan juga hypermia.

Itulah ulasan mengenai gejala kanker lidah yang perlu kita waspadai karena jika terlambat ditangani akan dapat membuat kondisi semakin parah dan sulit untuk disembuhkan, karena itu saat kita mengalami sariawan pada mulut atau lidah sebaiknya jangan pernah menganggap enteng, karena bisa saja sariawan tersebut merupakan gejala kanker lidah, semoga bermanfaat.

Simak juga artikel lainnya mengenai : Gejala penyakit stroke dan penyebabnya



Previous
Next Post »
Thanks for your comment